Minggu, 03 November 2013

Amalan, DOA AKHIR TAHUN DAN AWAL TAHUN

Doa akhir tahun
(Dibaca 3 kali setelah  sholat ‘ashar pada hari terakhir bulan dzul hijjah)
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَائَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ. فَإِنِّى أَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِى. وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْأَلُكَ اللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ. اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya : Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau. Ya Allah..! Apapun yang aku lakukan di tahun ini dari sesuatu  yang Engkau larang, kemudian aku belum bertaubat darinya, padahal Engkau tidak melupannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa untuk menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepadaMu, maka sungguh aku memohon ampun kepadaMu, ampunilah aku..! Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku memohon kepadaMu ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Maha Mulia, agar Engkau menerimanya dariku dan janganlah Engkau putuskan harapanku dariMu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah! Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Doa awal tahun
(Dibaca 3 kali setelah  sholat maghrib)
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَمْلَأُ خَزَائِنَ اللهِ نُوْرًا. وَتَكُوْنُ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ فَرَجًا وَفَرَحًا وَسُرُوْرًا. وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ. وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْعَمِيْمِ الْمُعَوَّلِ. وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ. أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ. وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ. وَاْلاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِى إِلَيْكَ زُلْفَى. يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ. وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah…! limpahkanlah shalawat atas junjungan kami Nabi Muhammad, sebuah shalawat yang memenuhi perbendaharaan Allah dengan cahaya, dan menjadikan kelapangan, kesenangan, dan kebahagiaan bagi kami dan orang-orang yang beriman, dan juga atas keluarga beserta para sahabat beliau, serta limpahkan pula salam yang banyak.. Ya Allah ! Engkau adalah Dzat Yang Kekal, Yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahanMu yang agung dan kedermawananMu yang selalu berlebih. Tahun baru ini telah tiba, aku memohon kepadaMu pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan bala tentara (pasukannya), dan aku memohon pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta aku memohon agar disibukkan dengan segala sesuatu yang mendekatkan diriku kepadaMu dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Maha Mulia..! Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Keterangan :
Barang siapa yang membaca ayat kursi beserta bismillah di hari pertama bulan muharram sebanyak 360 kali. kemudian setelah selesai dilanjutkan dengan membaca doa dibawah ini :

اَللَّهُمَّ يَا مُحَوِّلَ اْلأَحْوَالِ. حَوِّلْ حَالِي إِلَى أَحْسَنِ اْلأَحْوَالِ. بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَا عَزِيْزُ يَا مُتَعَالٍ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Artinya : Wahai Allah..! Tuhan Yang mengubah keadaan-keadaan, ubahlah keadaanku kepada keadaan yang paling baik, dengan daya dan kekuatanMu wahai Yang Maha Mulia lagi Maha Luhur. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Maka ia akan dipelihara dari segala sesuatu yang tidak disenanginya sepanjang tahun.

 Doa yang dibaca dari tanggal 1-10 muharram
(Dibaca 3 kali setiap hari)
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَللَّهُمَّ إِنَّكَ قَدِيْمٌ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ. وَسَنَةٌ جَدِيْدَةٌ قَدْ أَقْبَلَتْ. نَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا. وَنَسْتَكْفِيْكَ فَوَاتَهَا وَشُغْلَهَا. فَارْزُقْنَا الْعِصْمَةَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. اَللَّهُمَّ إِنَّكَ سَلَّطْتَ عَلَيْنَا عَدُوًّا بَصِيْرًا بِعُيُوْبِنَا وَمُطَّلِعًا عَلَى عَوْرَاتِنَا مِنْ بَيْنِ أَيْدِيْنَا وَمِنْ خَلْفِنَا وَعَنْ أَيْمَانِنَا وَعَنْ شَمَائِلِنَا يَرَانَا هُوَ وَقَبِيْلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا نَرَاهُمْ. اَللَّهُمَّ آيِسْهُ مِنَّا كَمَا آيَسْتَهُ مِنْ رَحْمَتِكَ وَقَنِّطْهُ مِنَّا كَمَا قَنَّطْتَهُ مِنْ عَفْوِكَ. وَ بَاعِدْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُ كَمَا حُلْتَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ مَغْفِرَتِكَ. إِنَّكَ قَادِرٌ عَلَى ذَلِكَ وَأَنْتَ الْفَعَّالُ لِمَا تُرِيْدُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Artinya : Ya Allah..! Sesungguhnya Engkau adalah Maha Terdahulu, dan ini adalah tahun baru yang telah datang, kami mohon kepadaMu kebaikan tahun ini, dan kami berlindung kepadaMu dari kejelekannya, dan kami memohon agar Engkau mencukupkan kami dari melalaikan waktu di tahun ini dan sibuk (dari mengingatMu) di tahun ini. maka berikanlah kami perlindungan dari syaitan yang terkutuk. Ya Allah..! Sesungguhnya Engkau telah menguasakan atas kami seorang musuh (syaitan) yang melihat aib kami, mengetahui aurat kami, baik dari hadapan dan belakang kami maupun dari sebelah kanan dan kiri kami. Dia dan bala tentaranya itu melihat kami dan sebaliknya kami tidak melihat mereka. Ya Allah..! Buatlah dia putus asa terhadap kami sebagaimana Engkau telah membuatnya putus asa dari rahmatMu. Dan halangilah antara kami dengan dia sebagaimana Engkau telah menghalangi antara dia dengan ampunanMu. Sesungguhnya Engkau Maha Mampu untuk melakukan hal itu dan Engkau Maha Memperbuat apa yang Engkau kehendaki. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.


Tidak ada komentar: